Home » Iwan Bomba – Kisah Sukses Milenial Bangun Bisnis Online

Iwan Bomba – Kisah Sukses Milenial Bangun Bisnis Online

by Dores Sebastian

Iwan Bomba membagikan kisah usaha bisnis online

Teknologi digital telah membantu berbagai aktivitas masyarakat, termasuk penjualan online. Namun, kehadiran teknologi bukanlah satu- satunya sumber modal untuk memulai berjualan secara online. Pria asal Malang, Iwan Bomba mengaku telah mencoba berbagai jenis usaha sejak duduk di bangku kuliah, sebelum memutuskan untuk fokus pada kebutuhan sembako( rumah tangga) di Tokopedia. Pemilik KanMart telah mencoba bisnis seperti fashion, memasak, dan mainan anak- anak.
Pada Maret 2020, Iwan Bomba mulai berjualan di Tokopedia dengan toko bernama KanMart. Ia mengaku sudah mengenal Tokopedia sejak 2013 dan biasanya membeli dari platform business.
” Saya mulai sering beli di Tokopedia saat kuliah tahun 2013, saya sudah beli banyak tapi tidak pernah terpikir untuk menjual sebelumnya. Takutnya agak susah posting dan semua papas coba dan nonton youtube atau baca di internet, saya coba daftar dan ikuti tutorial yang ada, mudah ternyata jualan online tidak susah, jadi saya coba terus, ” kata Iwan Bomba, Minggu( 27 Juni 2021). Iwan Bomba Cermat Dalam Melihat Peluang Bisnis Pria 24 tahun ini mengatakan bahwa dia memutuskan untuk fokus pada bahan makanan karena dia melihat produk sebagai barang yang bergerak cepat dan cenderung berkelanjutan dari perspektif bisnis. Tak hanya itu, ia juga melihat peluang di tengah pandemi karena pandemi memaksa masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah dan mengandalkan belanja online.
” Saya juga melihat itu juga musim pandemi, orang- orang tidak keluar, termasuk saya, mereka biasanya berbelanja online. Akhirnya, saya mencoba melakukannya. Itu tumbuh perlahan,” kata Iwan Bomba.
” Ketika Anda melihat peluang, penting untuk mencoba terlebih dahulu, lihat apakah bisa atau tidak. Seperti setiap bisnis, penting untuk memiliki keberanian untuk mencoba terlebih dahulu. Jika Anda merasa tidak berhasil, coba yang lain.” dia menambahkan. Tidak hanya berani mencoba melihat peluang saat memulai bisnis, Iwan Bomba juga mengaku selalu melihat peluang untuk mengembangkan bisnisnya hingga saat ini. Ia menjelaskan, saat KanMart dibuka di awal pandemi, ia tertarik dengan produk vitamin dan peralatan medis. Bukan tanpa alasan ia menganggap produk ini sebagai hot item yang banyak dicari oleh semua orang saat itu. ” Lalu ketika lockdown dimulai, saya pergi ke toko kelontong. Sekarang saya fokus dalam bisnis kelontong, kebutuhan rumah tangga serta kebutuhan ibu dan bayi seperti susu. Kemudian peralatan dan barang- barang rumah tangga seperti sabun dan segala macam peralatan. Begitu juga produk anak- anak, mainan, ” jelasnya.
Berkat keberanian dan wawasannya dalam melihat peluang, kata Iwan Bomba. Bisnisnya terus berkembang. area toko kelontong tidak tinggi, dia mengakui, tetapi bisnis itu sendiri cenderung berkelanjutan atau stabil. Saat memulai bisnis, ia mengungkapkan bahwa pendapatan yang diterimanya hanya Rp 4 juta dalam sebulan. Namun, antara Desember 2020 hingga Januari 2021, ia mampu meraih omzet hingga Rp 36 juta karena pembatasan sosial yang menyebabkan orang banyak berbelanja online.

Iwan Bomba – Ikut Kampanye Tokopedia Flash trade


Selain melihat peluang, Iwan Bomba juga mengatakan bahwa KanMart aktif berpartisipasi dalam berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya adalah kampanye Flash trade.
“ Setiap kali ada kampanye, saya pastikan untuk mengikutinya agar orang tahu lebih baik bahwa ada KanMart dan mereka dapat membeli apa saja dari KanMart. Semenjak ada kampanye, pelanggan bertambah dan semakin banyak orang baru yang membeli, ” ujarnya.
Gunakan Fitur TopAds Bisa Jangkau Pasar Lebih Luas
Tidak hanya menggunakan kampanye di Tokopedia, ia juga menggunakan fitur TopAds dan menyebarkan perbincangan agar tokonya dapat menjangkau pasar yang lebih luas..
” Saya juga. Segera, ketika saya membuat akun, saya memasang TopAds untuk menampilkan penjualan saya. Jadi pada saat itu saya membuat akun, dalam sebulan dan seminggu ada pembeli. Tambahkan satu hari ada beberapa lusin pembeli,” dia dijelaskan.
Dia mengatakan bahwa berbagai kampanye dan fitur Tokopedia membantunya menjangkau pasar ketika dia baru memulai bisnis online- nya. KanMart milik Iwan Bomba  selama ini melayani pembelian ke seluruh Indonesia dan cukup sering mengirimkan pesanan ke luar pulau Jawa, seperti Sumatera dan Sulawesi.
Ia juga berharap bisnis onlinenya bisa lebih berkelanjutan dan menghasilkan pendapatan yang tinggi. Karena dia berharap penghasilan tinggi yang dia dapat dari bisnis online ini juga bisa dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan.
“ Kami tidak serta- merta memikirkan untung, bisnis bukan untuk kepentingan pribadi tetapi juga untuk banyak berbagi. Jadi bagaimana perasaan saya tentang perjalanan saya sendiri, semakin banyak saya berbagi, semakin banyak yang saya dapatkan, ” tutupnya.

Related Posts

Leave a Comment