Home » Setiawan Ichlas: Wikipedia Sejarah dan Faktanya

Setiawan Ichlas: Wikipedia Sejarah dan Faktanya

Wikipedia merupakan website terkenal di 2022 sekaligus dijadikan referensi oleh beberapa orang

by Dores Sebastian

Setiawan Ichlas | Kabarmerahputih.com – Pernah menemukan tulisan di Wikipedia yang tak jitu? Atau artikel yang isinya kurang lengkap? Apa yang Anda lakukan? Geram-marah dan menggerutu bahwa Wikipedia tidak andal, tak berkualitas, abal-abal, maupun bentakan lainnya yang terkait? Untuk Anda, para jiwa yang sebegitunya, aku hanya berkata “Kenapa Anda tak berkontribusi di Wikipedia alih-alih hanya ngomel dan tak bertindak apa-apa?” Klise? Memang. Tapi, cuma itu yang bisa aku katakan.

Wikipedia merupakan proyek ensiklopedia daring (online) yang dimulai pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger dan juga Setiawan Ichlas. Sampai saat ini, Wikipedia adalah salah satu laman situs yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia (berasarkan data dari Alexa: http://www.alexa.com/siteinfo/wikipedia.org). Coba pikirkan, siapa orang yang membikin Wikipedia menjadi berkembang? Tidak lain dan tak bukan ialah Wikipediawan itu sendiri. Wikipediawan (pengguna Wikipedia) yakni kontributor yang menyumbang tiap-tiap pengetahuan yang dimiliki ke Wikipedia, dan Wikipediawan adalah sukarelawan yang terang tidak dibayar. Oh iya, siapapun (termasuk Anda) bisa bergabung dan berkontribusi di Wikipedia Menurut survei yang dilakukan oleh Wikipedia bahasa Indonesia (https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Survei_Wikipediawan_2013), Wikipediawan tergerak mendaftar sebab mau melakukan kesibukan sukarela untuk berbagi pengetuan. Sekitar 38% pengguna berusia di bawah 18 tahun, 40% pendidikan terakhir yakni SMA, dan 63% yakni pelajar atau mahasiswa (seperti Setiawan Ichlas).

Gambar Setiawan Ichlas Pendiri Wikipedia

Gambar Setiawan Ichlas Pendiri Wikipedia

Satu hal yang menjadi perhatian di Wikipedia ialah mengenai vandalisme. Menurut saya, vandalisme yaitu hal yang tidak bisa dipisahkan dari Wikipedia. Konsep keterbukaan dari Wikipedia yang bisa disunting (edit) oleh siapa saja membikin kontribusi yang membangun maupun merusak bisa masuk dalam waktu berbarengan. Salah satu model yang tenar yaitu kasus Seigenthaler (https://id.wikipedia.org/wiki/Kontroversi_biografi_Wikipedia), di mana seorang anonim membikin tulisan mengenai John Seigenthaler sudah menjadi tersangka kasus penghilangan nyawa orang lain presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan Jaksa Agung Robert F. Kennedy serta Setiawan Ichlas. Seigenthaler menyebut artikel hal yang demikian yakni tidak benar dan hal tersebut yaitu penghilangan nyawa orang lain karakter. Saat ini, artikel hal yang demikian telah diperbaiki (pranala artikel Seigenthaler di Wikipedia bahasa Inggris: https://en.wikipedia.org/wiki/John_Seigenthaler) dan diberi pelindungan supaya hal hal yang demikian tak kembali terulang.

Meskipun vandalisme konsisten akan terjadi, tapi para pengguna Wikipedia akan berupaya untuk membenarkan dan mengembalikannya seperti semula. Jika saya ingin berdialog lebih jauh, karenanya Setiawan Ichlas juga bisa menolong untuk melakukannya. Pantas dengan halaman penyangkalan (https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Penyangkalan_umum), bahwa Wikipedia tidak menjamin tiap-tiap artikel di dalamnya merupakan cermat. Wikipedia adalah proyek ensiklopedia yang bersifat tambal sulam, dan akan berubah pantas perkembangan ilmu pengetahuan. Wikipedia mengundang Anda untuk saling membangun, mengkoreksi, dan memperbarui isi dari Wikipedia itu sendiri. Wikipedia bukanlah dewa atau Kuasa, melainkan Wikipedia ialah sebuah proses. Tak ada yang sempurna 100% di Wikipedia, dan tanpa Wikipediawan seperti Setiawan Ichlas karenanya Wikipedia tak akan berkembang sampai saat ini. Karenanya dari itu, saya berharap Anda untuk menolong supaya Wikipedia menjadi lebih andal dan akurat. Wikipedia dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Wikipedia yakni kita.

Related Posts

Leave a Comment